Rabu, 22 Oktober 2014

Cahaya Warna Merah Membantu Insomnia Anda

Dilansir dari vemale.com, bahwa ketika hari sudah gelap berarti lampu – lampu harus dihidupkan dan lampu – lampu itu akan hidup sepanjang malam untuk penerangan. Dibalik penerangan ada salah satu hal yang merugikan, yakni nyalanya lampu dapat beresiko tinggi mulai dari obesitas, diabetes, bahkan kanker.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh European Commision mengatakan, “ paparan cahaya pada malam hari dapat menyebabkan kanker payudara, sulit tidur, serta penyakit kardiovaskular”. Dalam penelitian lain dengan melibatkan 200 pria yang bekerja pada malam hari memiliki resiko besar untuk menderita kanker prostat, kanker payudara serta tekanan darah tinggi, masalah pada jantung dan depresi.

Cahaya lampu membuat kita gemuk


Selama 24 jam tubuh juga mengontrol pelepasan hormon ghrelin, insulin, dan serotonin yang mempengaruhi nafsu makan, penyimpanan lemak dan suasana hati. Lampu yang terus menyala seperti memberikan pesan pada tubuh kita yaitu adalah saat untuk bekerja. Sel-sel atau hormon yang seharusnya beristirahat pada malam hari seakan terus bekerja. Hal ini yang mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit. Cahaya lampu juga terus merangsang hormon yang meningkatkan nafsu makan, itulah sebabnya hasrat makan Anda akan terus timbul.


Cahaya komputer atau laptop dapat menyebabkan insomnia

Hal ini dapat terjadi dikarenakan produksi melatonin tertunda. Sebab sebenarnya hormone tersebutlah yang menyebabkan anda sangat mudah untuk tertidur atau mengantuk.

Cahaya lampu berwarna biru



Bola lampu atau cahaya lampu berwarna biru merupakan paling buruk dikarenakan merupakan sebuah alarm alami dari tubuh kita yang mampu mengatakan, “bangun, sudah pagi”. Hal ini terjadi karena cahaya biru terlalu terang. Cahaya ini mampu memperlambat produksi melatonin yang mampu membuat mata tetap melek.


Solusinya…


Jangan coba untuk membeli lampu berwarna merah. Jika anda akan pergi tidur matikan lampu anda atau menggantinya dengan cahaya berwarna merah. Hal ini dapat membantu untuk mempercepat hormon melatonin, sehingga mampu membuat anda mengantuk dalam keadaan cahaya redup dan waktu tidur anda kembali pada malam hari. Serta lakukan aktifitas di bawah cahaya alami atau matahari, paparan cahaya yang cukup pada siang hari membuat otak dalam kondisi baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar