Selasa, 20 Mei 2014


IPTEK SERTA PERKEMBANGANYA
Ilmu pengetahuan yang muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia,baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Hal yang terpenting dalam pemanfaatan IPTEK itu sendiri yakni efisiensi dan efektifitas dalam menjalankan aktivitas sehingga IPTEK mampu   meningkatkan budaya dan taraf hidup yang lebih tinggi dan IPTEk akan selalu sejalan dengan kehidupan manusia dikarenakan manusia adalah mahluk yang berakal.
Dalam perkembangan IPTEK pasti ada timbulnya suatu dampak yang baik atau positif dan yang kurang baik atau negatif sebagai berikut.

   Dampak positif perkembangan IPTEK :
    1.    Mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya

Sekarang ini banyak penemuan – penemuan baru di bidang iptek yang  dapat  membantu dan  mempermudah segala aktivitas manusia. Salah satu contoh dampak positif yang bisa dilihat ialah manusia melalui  iptek  lebih mudah berkomunikasi, bahkan dengan jarak jauh sekalipun. Sekarang tidak perlu lagi  harus bertatap muka, melaui telepon seluler atau pun dengan layar komputer seperti email dan webcam. Manusia sudah dipermudah untuk bisa saling berinteraksi. Ini merupakan sebagian kecil dari contoh perkembangan IPTEK dalam aktifitas dan pekerjaan sehari – hari.

    2.    Mempermudah meluasnya berbagai informasi
    Informasi merupakan bagian terpenting juga dalam kehidupan kita. Tanpa informasi kita akan ketinggalan. Melalui informasi masyarakat dituntut untuk mampu mendapatkan berbagai informasi disekitar maupun di dunia. Sebab penyebaran informasi sekarang ini sudah sangat mudah dan terjangkau, tidak seperti dahulu masih menggunakan surat menyurat atau media lisan. Dengan keadaan saat ini IPTEK mengambil peranan yang mampu mengubah segalanya menjadi lebih cepat dalam memperoleh informasi terbaru.
    3.      Bertambahnya pengetahuan dan wawasan
Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan iptek, peralatan elektronik seperti computer, internet, dan handphone (HP) sudah menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya. Inilah pengaruh positif perkembangan iptek di era globalisasi terhadap ilmu pengetahuan dan wawasan masyarakat kita.
Dampak negatif  perkembangan IPTEK :
     1.     Mempengaruhi pola pikir
Masyarakat saat ini memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi dengan suatu hal yang baru. Salah satunya dalam perubahan peralatan elektronik. Hal tersebut berdampak pada perkembangan pola pikir seseorang. Terlebih lagi saat ini banyak suguhan atau tampilan dalam media elektronik yang kurang berguna dan bermutu untuk masyarakat banyak.
     
     2.     Menghilangkan budaya tradisional
Saat ini banyaknya pertumbuhan gedung mewah, mal, serta hotel yang mengakibatkan hilangnya budaya tradisional, seperti pasar tradisional yang dimana  kegiatan perdagangan dilakukan. Begitu juga dengan pergaulan anak – anak jaman sekarang yang lebih bebas. Karena terfasilitasinya tempat hiburan yang semakin menjamur.
     3.     Menimbulkan berbagai kerusakan
Indonesia di kenal sebagai Negara yang kaya akan sumber daya alamnya, namun hingga akhir ini, Indonesia lebih di kenal sebagai Negara yang sedang berkembang dan terus berkembang entah sampai kapan. Dan kita juga tidak mengetahui kapan istilah Negara berkembang tersebut berubah menjadi Negara maju. Salah satu contoh kecil yakni pembakaran hutan yang disengaja untuk  pembagunan kegiatan – kegiatan yang bersifat keuntungan pribadi. Hal ini menyebabkan hutan gundul dan menyebabkan bencana alam. Inilah hal yang berdampak terhadap generasi selanjutnya, maka dari itu kita harus memiliki sikap kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar agar anak cucu kita bisa merasakan keindahan alam.
Dalam kehidupan peranan IPTEK dalam kebutuhan terbagi atas pemenuhan kebutuhan primer yang terdiri dari sandang(berupa pakaian),pangan(berupa kebutuhan pokok manusia untuk dapat bertahan hidup), dan papan(berupa tempat tinggal). Selanjutnya berupa kebutuhan sekunder yang terdiri dari bidang industri, bidang transportasi, bidang komunikasi, dan kesehatan. Dengan demikian kita harus memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa. Visi dan misi IPTEK dirumuskan sebagai panduan untuk mengoptimalkan setiap sumber daya IPTEK yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Selain itu pula perkembangan IPTEK di berbagai bidang di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat semestinya dapat meningkatkan kualitas SDM di tengah bermunculannya dampak negatif dari adanya perkembangan IPTEK, sehingga diperlukan pemikiran yang serius dan mantap dalam menghadapi permasalahan dalam penemuan-penemuan baru tersebut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar