Senin, 03 Oktober 2016

Sistem Informasi Psikologi

  • Pengertian Sistem

Menurut Murdick dan Ross, sistem sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk suatu tujuan bersama. Pengertian sistem menurut Scott, terdiri dari unsur-unsur seperti masukan (input), pengolahan (processing), serta keluaran (output). Sementara menurut Mc.Leod, sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Menurut Suradinata, sistem adalah komponen-komponen yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki aturan. Berdasarkan pengertian sistem diatas, maka dapat disimpulkan sistem adalah suatu kumpulan elemen atau komponen dari suatu unsur yang saling terorganisasi dan saling berinteraksi untuk suatu tujuan bersama.

  • Pengertian Informasi

Menurut Gordon B. Davis, informasi adalah data yang sudah diproses menjadi bentuk yang berguna bagi pemakai dan mempunyai nilai pikir yang nyata bagi pembuatan keputusan pada saat sedang berjalan atau untuk prospek masa depan. Menurut Cushing, informasi adalah keluaran dari suatu  pengolahan data (sistem informasi) yang telah diorganisir dan berguna bagi orang yang menerima. Menurut George, informasi yaitu data yang berguna yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat. Berdasarkan pengertian informasi diatas, maka dapat disimpulkan informasi adalah data yang sudah terolah, terorganisir sehingga menjadi output yang berguna untuk pengambilan keputusan tepat.

  • Pengertian Psikologi

Menurut Morgan, psikologi adalah ilmu tentang perilaku manusia dan binatang, serta penerapannya pada permasalahan manusia. Menurut Plotnik, psikologi adalah studi sistematik dan ilmiah tentang perilaku dan proses mental. Psikologi menurut Wundt adalah ilmu tentang kesadaran manusia. Sedangkan menurut Branca psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang perilaku manusia. Berdasarkan pengertian psikologi diatas, maka dapat disimpulkan psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku, proses mental dan kesadaran manusia.

Berdasarkan pengertian-pengertian dari para tokoh diatas, maka sistem informasi psikologi dapat diartikan sebagai sebuah komponen yang saling berinteraksi dan terorganisir untuk menemukan informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi sehingga dapat dijadikan sebagai pengambilan keputusan.










Daftar Pustaka

Fatta, A.H. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: ANDI

Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi umum. Depok: Universitas Gunadarma

Chushing, B.E. (1992). Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi Perusahaan Edisi 3. Jakarta: Erlangga

Goerge, H.B.W.S.H. (2000). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba



Tidak ada komentar:

Posting Komentar